Berdoa Sambil Bekerja mendapatkan Hikmat dan Kehidupan

Selasa, 22 Oktober 2013

BAHAYA SINUSITIS

Nyeri yang dirasakan pada kelopak mata atau merasakan bengkak di sekitar kelopak mata bisa saja itu disebabkan oleh sinusitis
 Kelainan kelopak mata dari hasil yg gw baca
 Kelopak mata bengkak bisa disebabkan oleh ginjal, jantung, alergi, dan yang gw bahas sekarang yaitu sinusitis
Sinusitis === >
 Sinusitis berasal dari akar bahasa latinnya, akhiran umum dalam kedokteran itis berarti peradangan karena itu sinusitis adalah suatu peradangan sinus paranasal. Di sekitar rongga hidung terdapat empat sinus yaitu sinus maksilaris ( terletak di pipi) , sinus etmoidalis ( kedua mata) , sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis ( terletak di belakang dahi).
Secara klinis sinusitis dibagi atas :
  1. Sinusitis akut
  2. Sinusitis subakut
  3. Sinusitis Kronis
Sedangkan berdasarkan penyebabnya sinusitis :
  • Rhinogenik (penyebab kelainan atau masalah di hidung), Segala sesuatu yang menyebabkan sumbatan pada hidung dapat menyebabkan sinusitis
  • Dentogenik/Odontogenik (penyebabnya kelainan gigi), yang sering menyebabkan sinusitis infeksi pada gigi geraham atas (pre molar dan molar)
Penjelasan Lain
Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Sinusitis banyak ditemukan pada penderita hay fever yang mana pada penderita ini terjadi pilek menahun akibat dari alergi terhadap debu dan sari bunga. Sinusitis juga dapat disebabkan oleh bahan-bahan iritan. Seperti bahan kimia yang terdapat pada semprotan hidung serta bahan bahan kimia lainnya yang masuk melalui hidung. Jangan dilupakan kalau sinusitis juga bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.
Dr Taupik Hidayat Sp THT dari Rumah Sakit “Bari” Palembang, mengatakan sinusitis dapat terjadi bila terdapat gangguan pengaliran udara dari dan ke rongga sinus serta adanya gangguan pengeluaran cairan mukus. Adanya demam, flu, alergi dan bahan bahan iritan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ostia.
Sehingga lubang drainase ini menjadi buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus. “Penyebab lain dari buntunya ostia adalah tumor dan trauma. Drainase cairan mukus keluar dari rongga sinus juga bisa terhambat oleh pengentalan cairan mukus itu sendiri,”ujarnya.
Lebih lanjut Dr Taupik Hidayat mengatakan, pengentalan ini terjadi akibat pemberiaan obat antihistamin, penyakit fibro kistik dan lain lain. Sel penghasil mukus memiliki rambut halus (silia) yang selalu bergerak untuk mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Asap rokok merupakan biang kerok dari rusaknya rambut halus ini sehingga pengeluaran cairan mukus menjadi terganggu.
”Cairan mukus yang terakumulasi di rongga sinus dalam jangka waktu yang lama merupakan tempat yang nyaman bagi hidupnya bakteri, virus dan jamur,”bebernya.
Dijelaskannya, sinusitis dapat dibagi menjadi dua tipe besar yaitu berdasarkan lamanya penyakit (akut, subakut, khronis) dan berdasarkan jenis peradangan yang terjadi (infeksi dan non infeksi). Disebut, sinusitis akut bila lamanya penyakit kurang dari 30 hari.
Sinusitis subakut bila lamanya penyakit antara 1 bulan sampai 3 bulan, sedangkan sinusitis khronis bila penyakit diderita lebih dari 3 bulan. Sinusitis infeksi biasanya disebabkan oleh virus walau pada beberapa kasus ada pula yang disebabkan oleh bakteri.
”Sedangkan sinusitis non infeksi sebagian besar disebabkan oleh karena alergi dan iritasi bahan bahan kimia. Sinusitis subakut dan khronis sering merupakan lanjutan dari sinusitis akut yang tidak mendapatkan pengobatan adekuat,”jelasnya.
Ditambahkannya, Pada kasus-kasus yang khronis, dapat dipertimbangkan melakukan drainase cairan mukus dengan cara pembedahan. Komplikasi yang serius jarang terjadi. Namun kemungkinan yang paling gawat adalah penyebaran infeksi ke otak yang dapat membahayakan kehidupan.
Biasanya, sinusitis diobati dengan antibiotik dan berbagai jenis obat semprot hidung. Namun, pencegahan selalu lebih baik dari pengobatan. Salah satu cara mudah untuk mencegah peradangan pada sinus adalah menggunakan kain lembut yang sebelumnya direndam dengan air hangat lalu ditempelkan pada pipi. Selain itu, menjaga kebersihan hidung (sinus), khususnya selama serangan alergi dan demam terjadi, sangatlah penting.
Membersihkan sinus dapat dilakukan dengan Menggunakan decongestan (obat pengencer dahak) dan obat semprot hidung. Namun, jangan menggunakan obat semprot hidung lebih dari tiga kali sehari karena dapat memicu pembengkakan sinus. Jika hendak melakukan perjalanan udara, maka sebaiknya gunakan obat semprot hidupsebelum pesawat take-off.Bila alergi terhadap sesuatu, ”maka sebaiknya hindari kontak dengan alergen atau zat yang menyebabkan alergi.Istirahat yang cukup. Duduk santai dengan bersandar adalah baik untuk proses pernapasan,”katanya. (mg39)
CARA PENCEGAHAN SINUSITIS :
1. Biasakan mencuci tangan sesering mungkin untuk menghindari bakteri menempel di tangan dan menimbulkan alergi.
2. Jaga pula lingkungan agar tetap bersih.
3. Mencegah stres
4. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, terutama sayur dan buah yang dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga akan mencegah serangan sinus musiman.
5. Jaga kondisi sinus agar tetap kering dan bersih dengan minum air yang cukup agar cairan hidung tetap encer.
6. Gunakan obat semprot hidung untuk melawan alergen.
7. Serta hindari zat-zat yang menyebabkan alergi yang terdapat di lingkungan, seperti debu, asap rokok.
Sinusitis bisa berbahaya loh kalau dibiarkan begitu saja (sengaja atau tidak sengaja), tanpa diperiksakan ke dokter. Untuk itu Anda perlu mengetahui ciri penyakit sinusitis ini. Karena dengan mengetahui ciri-cirinya Anda bisa segera mengambil tindakan yang dibutuhkan, misalnya pergi ke dokter, agar terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh penyakit ini. Atau Anda juga bisa memilih cara pengobatan tradisional yang lebih aman dan murah.

Di dalam jaringan kepala (wajah) kita terdapat saluran yang menghubungkan rongga hidung dengan ronga mata, jika saluran ini mengalami peradangan berarti kita mengalami gangguan sinusitis. Peradangan ini biasanya disebabkan tersumbatnya saluran rongga (seperti hidung tersumbat) akibat infeksi virus flu. 

Bahaya yang disebabkan penyakit sinusitis jika dibiarkan berlarut-larut, cairannya bisa menyebar ke :
- Mata
- Otak
- Paru-paru
- Tulang sekitar rongga

Ciri-ciri atau gejala penyakit sinusitis :
- Pilek terus-menerus (berlangsung lama)
- Kepala sakit saat menunduk, ini disebabkan karena menumpuknya cairan dalam rongga
- Ingus sering mengalir
- Badan terasa letih dan lemah
- Batuk
- Pendengaran terganggu
- Badan meriang
- Sensitivitas penciuman terganggu
- Nafsu makan berkurang

Penyebab penyakit sinusitis :
- Merokok
- Lemahnya daya tahan tubuh (sistem imun lemah)
- Peradangan menahun pada hidung
- Infeksi virus
- Infeksi jamur
- Bakteri

Cara mengobatinya secara medis :
- Minum obat dekongestan (sesuai petunjuk dokter)
- Minum antibiotik (sesuai petunjuk dokter)
- Obat pereda rasa nyeri (sesuai petunjuk dokter)
- Operasi jika penyakit sudah berat

Cara mengobatinya secara tradisional :
- Menggunakan tanaman sambiloto
- Menggunakan tanaman pegagan
- Gurah, berdasarkan pengalaman orang yang pernah menjalaninya, bisa menyembuhkan sinusitis. Melalui metode pengobatan ini, cairan yang ada di saluran rongga-rongga bisa terkuras.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar